Penyalahgunaan Dana KJP

Masih banyak orang tua dan siswa yang tidak tepat dalam menggunakan Dana bantuan KJP. Siswa yang salah dalam menggunakan Dana bantuan KJP dapat terlihat dari penampilan dan kehadiran siswa di sekolah contoh :

  1. Siswa datang ke sekolah tidak menggunakan seragam atau atribut yang sesuai standar seperti topi, dasi, ikat pinggang, sepatu, dan seragam. Tetapi dalam membuat laporan penggunan Dana KJP ada pembelian topi, dasi, ikat pinggang, sepatu, dan seragam.
  2. Siswa datang ke sekolah tidak memiliki buku cetak atau buku tulis. Tetapi dalam membuat laporan penggunan Dana KJP ada pembelian pembelian buku cetak dan buku tulis.
  3. Bukti foto siswa dalam pengajuan Dana KJP Tahun 2019, terlihat siswa tidak menggunakan seragam atau atribut sekolah sebagai pelajar.
  4. Siswa jarang datang kesekolah. Tetapi dalam membuat laporan selalu mengambil dana penggunan transport ke sekolah.

Selain terlihat dari penampilan siswa, yang tidak pernah menggunakan seragam atau atribut sekolah sesuai standar, penyalah gunaan Dana KJP juga banyak dilakukan oleh orang tua siswa sebagai contoh : Buku dan kartu ATM KJP digadaikan, atau dijaminkan kepada rentenir sebagai jaminan peminjaman uang atau pembelian barang. 

Dengan adanya peraturan pemerintah dalam menggunakan Dana KJP, SMP Dwi Cakti Bhakti Palad memberhentikan pengajuan Dana KJP untuk siswa yang tidak menggunakan seragam atau atribut sekolah sesuai aturan standar pendidikan (topi, dasi ikat pinggang, sepatu, dan termasuk kehadiran siswa).

Sanksi dari pemerintah untuk siswa yang tidak menggunakan Dana KJP sesuai proseder adalah mengembalikan Dana KJP sebanyak yang diterima (tercetak dalam buku tabungan Bank DKI).

Penggunaan Dana KJP

Prosedur pengunaan Dana KJP digunakan untuk membeli kebutuhan siswa diantaranya :

  1. Buku tulis
  2. Buku gambar.
  3. Buku pelajaran.
  4. Alat tulis seperti pensil, pulpen, penghapus dan rautan.
  5. Alat gambar seperti macam-macam penggaris, pensil lwarna, spidol, cat/kertas warna, buku dan atau kertas gambar dan jangka.
  6. Alat dan atau bahan praktik.
  7. Seragam sekolah dan kelengkapannya (topi, dasi, dan ikat pinggang).
  8. Sepatu dan kaos kaki sekolah.
  9. Tas sekolah.
  10. Pakaian olahraga sekolah.
  11. Buku pelajaran penunjang.
  12. Kudapan bergizi.
  13. Kacamata sebagai alat bantu penglihatan.
  14. Alat bantu pendengaran.
  15. Seragam pramuka dan kelengkapannya.
  16. Pembayaran kegiatan ekstrakurikuler yang tidak dibiayai oleh Biaya Operasional Pendidikan dan Bantuan Operasional Sekolah.
  17. Komputer/Laptop

Klik tombol dibawah ini untuk mendownload laporan penggunaan KJP Plus

Contoh Foto Upload

Contoh Dokumen Upload

Klik tombol dibawah ini untuk mengisi formulir pendataan KJP Plus Tahun 2019